-->

4 Cara Alami ini Akan Membantu Anda dalam Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata
Mata merupakan salah satu indera yang kompleks karena memiliki fungsi vital pada tiap bagiannya. Seperti bulu mata, alis mata dan kelopak mata memiliki peran tersendiri dalam mendukung penglihatan manusia. Walau begitu masih banyak yang kurang memperhatikan kesehatan mata dengan baik seperti membiarkan diri melakukan kebiasaan buruk yang menyebabkan berkurangnya kualitas mata. Memang mencegah lebih baik daripada mengobati, tidak terkecuali dengan kesehatan mata kalian. Beberapa cara sederhana dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata :

Rutin Memeriksa ke Dokter Mata

Rutin Memeriksakan Mata
Untuk memastikan kondisi mata anda silahkan dating ke ahlinya, dokter spesialis mata. Agar dapat memastikan mata tetap sehat seiring bertambahnya umur maka harus rutin periksakan ke dokter spesialis mata setidaknya setahun sekali. Dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun baiknya memeriksakan mata setahun sekali agar tercegah dari penyakit katarak. Anak usia 6 – 12 tahun pun rentan dengan miopi sehingga perlu mendeteksi masalah penglihatan mereka.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi Makanan Bergizi
Dilansir dari beberapa penelitian, sayuran berdaun hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, blueberry, dan jeruk jika dikonsumsi dengan teratur maka dapat membantu menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi vitamin C dan E, Zinc, Lutein dan asam lemak omega 3 juga dapat membantu menangkal masalah mata yang biasanya dating karena faktor umur.

Hindari Terlalu Lama Menatap Layar Gadget

Hindari Terlalu Lama Menatap Layar Gadget
Menatap layar gadget terlalu lama dapat mengakibatkan mata kalian menjadi kering dan otot mata jadi tegang, sehingga pandangan menjadi kabur dan sulit untuk fokus melihat kejauhan. Triks menanggulangi masalah ini setiap 20 menit alihkan pandangan mata kalian sejauh 6 meter selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan otot mata kalian. Selain itu ada juga trik lain yang kalian dapat lakukan, yaitu dengan mengistirahatkan mata selama 15 menit tiap 2 jam dan jika mata kalian masih terasa kering, sering-seringlah mengedipkan mata.

Kurangi Konsumsi Rokok

Kurangi Konsumsi Rokok
Mulailah untuk hidup dengan gaya hidup yang sehat. Kalian bisa memulai dengan mengurangi konsumsi rokok karena merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit katarak, kerusakan saraf optik (penyebab awal dari kebutaan serta merusak retina mata).

Jika kalian merasa seperti ada butiran pasir di mata, bilaslah dengan air bersih. Selain itu jika mata terasa gatal atau berubah menjadi merah karena iritasi, atasilah dengan obat tetes mata atau kompres dengan air dingin. Namun jika masih saja gejala tersebut berlangsung dan tidak hilang, segeralah periksakan kedokter mata.




0 Response to "4 Cara Alami ini Akan Membantu Anda dalam Menjaga Kesehatan Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel